STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD NUSA INDAH SKB MOJOKERTO

Authors

  • Dyah Mellania Rusmayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran daring. Deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam/in-dept interviu, observasi partisipan dan dokumentasi. Keabsahan data sudah terdapat credibility, transferability, dependability dan confirmability. Dan analisis data telah menguraikan data condensation, data display, verification dan conclussion drawing. Dan hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring di PAUD Nusa Indah SKB Mojokerto dilakukan melalui beberapa cara. Beberapa hal yang dilakukan orang tua dalam membantu anak selama pembelajaran daring diantaranya memastikan kesehatan anak, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, memberikan suasana yang nyaman, menjadi teladan yang baik, serta berkoordinasi dengan guru. Selanjutnya orang tua dan guru dapat membangun komunikasi selama pembelajaran diantaranya dengan menahan keinginan memberi saran dan meyakinkan, menggunakan pertanyaan terbuka, tidak berlebihan saat memberi semangat, memahami perasaan orang lain, menggunakan bahasa tubuh dan nada suara untuk menyampaikan empati, serta mendengarkan secara reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Rusmayanti, D. M., & Nusantara, W. (2022). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD NUSA INDAH SKB MOJOKERTO. J+PLUS UNESA, 11(1), 265–276. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/45814
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 89

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>