HUBUNGAN KUALIFIKASI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI TUTOR DI KURSUS MR.BOB ENGLISH CLUB KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI

  • Atika Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pare di Kabupaten Kediri memiliki banyak lembaga kursus bahasa inggris dan dikenal
“Kampung Inggris”. Dalam lembaga kursus, peserta didik didampingi oleh tutor agar
menghasilkan peserta didik yang mampu menyerap setiap pembelajaran. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi kualifikasi akademik dengan kompetensi
tutor di kursus Mr.Bob. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan
analisis data product moment. Penelitian ini menggunakan teknik populasi jenuh sebanyak
42 tutor. Hasil uji normalitas kedua varibel diketahui nilai signifikansi 0,200>0,05 maka
berdistribusi normal. Hasil uji linieritas diketahui nilai signifikan deviation from linearity
sebesar 0,575>0,05 maka terdapat hubungan yang linier antara kualifikasi akademik dengan
kompetensi tutor. Koefisien korelasi dari perhitungan data korelasi product moment sebesar
0,736 artinya dua variabel tersebut mempunyai hubungan yang kuat, dengan nilai signifikasi
p 0,000<0,05. Artinya, ada korelasi positif signifikan kualifikasi akademik dengan
kompetensi tutor.

Published
2021-07-29