HUBUNGAN PERAN KOMUNITAS LITERASI SOKOLA PELANGI DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DIMASA PANDEMI COVID 19

  • Siti Lailatul Muslikah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Komunitas literasi Sokola Pelangi didirikan sebagai wujud kepedulian untuk membangun
kesadaran motivasi belajar. Sokola Pelangi hadir untuk memberikan pelayanan literasi untuk
anak-anak (belajar, membaca, menulis, menggambar, membuat karya, dan lain-lain). Sokola
Pelangi mengedepankan motivating by enticement sebagai cara pemberian motivasi kepada
peserta didik. Motivating by enticement merupakan cara pemberian motivasi dengan ajakan
atau bujukan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan memberikan harapan tertentu
pula. Kesadaran tentang motivasi belajar ini dibangun karena minimnya minat belajar anakanak
didaerah tersebut, terlebih pada minimnya mindset untuk meraih cita-cita yang tinggi.
Apalagi jika dihadapkan dengan situasi pandemi seperti saat ini. Tujuan penelitian ini ialah
untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan secara signifikan antara peran komunitas
literasi Sokola Pelangi dan motivasi belajar anak dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 74 orang yang terdiri dari keseluruhan orangtua dari peserta didik komunitas literasi
Sokola Pelangi mulai dari usia 4 tahun hingga 13 tahun. Dari 74 populasi tersebut dilakukan
penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan probality sampling yang
menghasilkan sample sebanyak 61 orangtua. Peneliti menggunakan metode pengumpulan
data berbentuk angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji analisis yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Korelasi Product Moment, untuk mengetahui apakah
ada hubungan secara signifikan antara peran komunitas literasi sokola pelangi dan motivasi
belajar anak dimasa pandemi covid 19. Dari hasil analisis data penelitian menyatakan bahwa
peran komunitas literasi Sokola Pelangi memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi
belajar anak yang ditunjukkan dari nilai pearson correlation SPSS 26 sebesar 0,415

Published
2021-07-29