STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING) DALAM OPTIMALISASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB NEGERI SURABAYA

  • Mintrojo Sahputra Mustofa Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

         Latar belakang penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran daring menambah motivasi belajar bagi peserta didik, selain itu juga dapat memaksimalkan hasil belajar peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya saat pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami apakah strategi pembelajaran daring dapat menambah motivasi belajar dan dapat memaksimalkan hasil belajar peserta didik pandemi. Secara teoritis manfaat penelitian untuk mengetahui cara menggunakan strategi pembelajaran daring yang baik untuk menambah motivasi dan  memaksimalkan hasil belajar peserta didik . Sedangkan manfaat praktis digunakan sebagai solusi dan rekomendasi dalam menggunakan strategi pembelajaran daring yang baik untuk menambah motivasi dan memaksimalkan hasil belajar peserta didik.  Pendekatan kuantitatif dan teknik statistik deskriptif dipilih untuk penelitian ini, penelitian ini mengambil sampel 52 orang peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya. Total sampling dijadikan teknik pengambilan sampel karena seluruh populasi sebagai sampel, analisis data menggunakan descriptive statistics frequency dan persentase. Kesimpulannya adalah peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya memiliki motivasi belajar dan nilai yang baik walaupun melaksanakan pembelajaran secara daring. Dibuktikan dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik yang cukup baik, walaupun dalam pelaksanaannya guru pamong memiliki peran penting untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik agar fokus dalam pembelajaran karena dilaksanakan secara daring.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 276
PDF Downloads: 198