Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik di Homeschooling Pena Surabaya

  • Farah Khosravi Umma Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Abad 21 era revolusi industri 4.0 memberikan konsekuensi signifikan terhadap pendidikan terutama dalam proses pembelajaran di kelas. inovasi pembelajaran di era industri revolusi 4.0 penting adanya pembaharuan pembelajaran yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi digital.Asosiasi Pendidikan Nasional mengidentifikasi keterampilan abad ke-21 sebagai "4 C". "4C" mencakup pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Empat keterampilan yang harus dicapai oleh pendidikan pada abad ke-21. Salah satunya adalah kreativitas, keterampilan penting yang dicapai peserta didik di era industri 4.0. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimen yang menggunakan One-Shot case study dan One Group pretest-postest. Pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kreativitas peserta didik sebesar 69,25% artinya kriteria persentase menunjukkan hasil yang tinggi, dan pengaruh pembelajaran STEAM terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil pre-test dan post-test terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test yaitu 63.89% dan 81.67%.

Diterbitkan
2023-06-26
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 68