KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

  • Gema Akbar Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap bidang pendidikan, dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan mengganti pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran darin g dengan begitu pembelajaran tetap terlaksana di masa pendemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI paket C SKB Cerme Kab Gresik. Teknik dalam pengumpulan data dengan  kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan persentase. Dalam melakukan olah data, peneliti menggunakan Microsoft Excel dan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian melalui kuesioner didapatkan hasil bahwa minat peserta didik selama dilakukan pembelajaran daring yaitu kurang (24%), sebagian besar mereka mempunyai minat yang sangat tinggi (86%) dan hasil penelitian dengan teknik dokumentasi didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik antara sebelum dan selama pembelajaran daring. Hal ini didukung dengan naiknya rata-rata hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai UAS sebelum pembelajaran daring sebesar 67,44 menjadi 73,34. Jadi, selama pembelajaran daring hasil belajar dari peserta didik mendapatkan kenaikan nilai rata-rata yang signifikan sebelum dan selama   pembelajaran daring yaitu sebesar 5,89. Akhirnya peneliti menyimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI paket C SKB Cerme Kab Gresik pada mata pelajaran matematika.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 196