Strategi Pembelajaran Untuk Optimalisasi Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C di Homeschooling Kak Seto Surabaya

  • Esa Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan untuk optimalisasi hasil belajar peserta didik program Paket C di Homeschooling Kak Seto Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menurut teori dari Miles, Huberman and Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik Program Paket C dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan model pembelajaran kooperatif, discovery-inquiry, problem based learning dan hybrid learning sedangkan metode yang diterapkan yaitu ceramah, diskusi dan penugasan. Adapun faktor pendukung sinergitas antara lembaga, orangtua, masyarakat dan peserta didik, kondisi yang kondusif, fasilitas yang memadai dan adanya respon positif dari peserta didik. Faktor penghambat ada dua yaitu faktor internal yang berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran dan faktor eksternal dari luar yang menghambat penerapan strategi pembelajaran yaitu kondisi sinyal atau jaringan yang kurang stabil.

Diterbitkan
2023-06-26
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 57