PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM PAKET B DI UPTD SPNF SKB SIDOARJO

  • Maulidya Ika Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan antara lain untuk 1) mendeskripsikan motivasi belajar warga belajar paket B. 2) mengetahuiperan tutor dalam meningkatkan motivasi belajar. 3) faktor pendukungdan penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B SKB Sidoarjo. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi tutor paket B dan warga belajar paket B. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, display data dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan tutor sebagai motivator, pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator dan evaluator berjalan dengan baik. Dalam meningkatkan motivasi belajar kepada warga belajar, seorang tutor menggunakan beberapa cara antara lain : memberikan kata-kata semangat atau motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan, penayangan video motivasi dan saat pembelajaran, tutor tidak hanya menjelaskan materi saja tetapi juga mengisinya dengan permainan atau memberikan quiz sesuai dengan usia warga belajar. Faktor pendukung tutor dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan melihat kemauan warga belajar untuk belajar dan datang ke SKB, keinginan tutor untuk membagikan ilmu kepada warga belajar.pendidikan tutor, kemampuan tutor dalam penyampaian materi. Selain faktor pendukung, adapun faktor penghambat yaitu warga belajar kurang fokus dalam melakukan pembelajaran dan ingin belajar secara santai, warga belajar susah untuk diajak disiplin dalam mengumpulkan tepat waktu.

Diterbitkan
2022-01-25
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 40