PENGARUH PENDAMPINGAN TUTOR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI SKB NEGERI SURABAYA

  • Nada Noer Refar M Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendampingan tutor terhadap motivasi dan hasil belajar warga belajar. Penelitian ini menggunakan tipe korelasi antara pendampingan tutor, motivasi belajar dan hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik inferensi dengan regresi linier sederhana dengan syarat uji hipotesis yaitu uji normalitas, linieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas. Populasi penelitian ini berdasarkan jumlah siswa kelas X, XI dan XII SKB Negeri Surabaya yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Variabel Y yang diteliti adalah pendampingan tutor (katalisator, motivator dan fasilitator), sedangkan variabel X yang diteliti adalah Motivasi dan hasil belajar. Sumber data primer diperoleh langsung dari studi lapangan dengan memberikan kuesioner. Sumber data sekunder adalah hasil rapor mahasiswa semester ganjil. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh pendampingan tutor terhadap motivasi belajar berdasarkan perhitungan dapat dilihat bahwa p value sig. 0,468 > (0,05), yang berarti pendampingan tutor tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. 2) Pengaruh pendampingan tutor terhadap hasil belajar berdasarkan perhitungan dapat dilihat dengan nilai p sig. 0,847> (0,05), yang berarti peran pendampingan tutor tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar

Published
2022-05-09
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 126