PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KETRAMPILAN MERAJUT UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI WARGA DI DESA LATEK, KECAMATAN SEKARAN, KABUPATEN LAMONGAN

  • Qurrotun Ayun Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peneltian ini dilaksanakan dengan latar belakang permasalahan rendahnya ekonomi warga. Sehingga perlunya pelaksaan pemberdayaan masyarakat guna untuk meningkatkan perekonomian warga dengan ketrampilan merajut. Tujuan diadakan pemberdayaan ini untuk menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan permberdayaan, hasil dari pemberdayaan masyarakat serta guna untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat jalannya pemberdayaan masyarakart melalui ketrampilan merajut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitihan ini yaitu penyelenggara, tutor, dan warga masyarakat desa Latek. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik kredibilitas, uji dependibilitas, uji konfirmasibilits dan uji transferbilitas.

Hasil dari pelaksaan pemberdayaan masyarakat melalui ketrampilan merajut dalam peningkatan ekonomi warga sudah cukup baik dan adanya peningkatan pendapatan. Faktor pendukung permberdayaan meliputi (a). ruangan yang nyaman, (b). tutor yang professional, (c). proses pembelajaran 50% teori dan 50 % praktik, (d). penyesuaian jadwal kegiatan. Adaapun faktor penghambat yaitu (a). ketidaktutasan warga dalam mengikuti pemberdayaan, (b). harga nilai jual yang rendah, (c). timbulnya rasa malas dalam melaksanakan kegiatan.

Published
2021-10-18
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 24