MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA ALIF SURABAYA

  • Try Oktavia Ika Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Manajemen pembelajaran sangat penting kedudukanya dalam pengaturan proses belajar mengajar, apalagi di masa pandemi covid-19. Berbagi usaha dilakukan untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan era pandemi covid-19 yang seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang tetap mengikuti aturan protokol kesehatan oleh pemerintah yang dimana proses pembelajaran dilakukan di rumah. Oleh karena itu peran pendidik sangat dibutuhkan dalam mengelola manajemen pembelajaran yang sesuai dengan situasi saat ini dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis daring atau belajar online. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang berfokus pada kegiatan dan pengelolaan pembelajaran RA Alif Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara 4 orang pendidik RA Alif Surabaya.Teknik yan digunakan berupa mengamati para pendidik di saat pembelajaran dan wawancara pendidik. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran daring yang dilakukan RA Alif Surabaya pada masa pandemi dilakukannya perubahan dengan menggunakan pembelajaran berbasi online yang ditunjang dengan adanya bantuan aplikasi.

Published
2022-01-25
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 68