Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Karangtaruna Kelurahan Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

  • Bagoes Pribadi Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

E-Commerce memiliki fungsi sebagai media jual beli sekaligus menjadi pengembangan didunia informasi penjualan baik berupa baraang maupun berupa jasa. Inilah yang menyebabkan munculnya beberapa hambatan seseorang supaya menumbuhkan minat untuk berwirausaha. Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh pemanfaatan E-Commerce terhadap minat berwirausaha. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Karangtaruna kelurahan Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya yang berjumlah 75 orang. Sampel yang digunakan adalah system random sampling yang berjumlah 30 orang anggota karangtaruna yang telah memiliki usaha. Instrumen penelitian menggunakan media Google Form. Analisis data menggunakan teknik Analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan tingkat signifikansi 5% (0,000 < 0,005) sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan e-commerce terhadap minat berwirausaha. Melalui pemanfaatan e-commerce yang semakin meningkat dapat memberikan semangat berwirausaha kepada anggota Karangtaruna Kelurahan Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya.

Published
2022-01-25
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 32