HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN ANDRAGOGI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PAMONG BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI SKB CERME GRESIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pendekatan andragogi dan komunikasi interpersonal pamong belajar di SKB Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif korelasional, sampel sebanyak 30 pamong belajar di SKB Cerme Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling jenis sampel jenuh. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis korelasi ganda. Berdasarkan uji penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan antara pendekatan andragogi pamong belajar dengan prestasi belajar peserta didik, kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal pamong belajar dengan prestasi belajar, ketiga secara simultan terdapat hubungan antara pendekatan andragogi dan komunikasi interpersonal pamong belajar dengan prestasi belajar. Hasil penelitian tersebut bersumber pada nilai masing-masing r-hitung lebih besar dari r-tabel sebesar 0,361. R-hitung pada uji hipotesis pertama sebesar 0,759 sedangkan r-hitung uji hipotesis kedua 0,567 dan 0,935 pada uji hipotesis ketiga. Uji hipotesis ketiga variabel tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ketiga variabel yang diteliti. Implikasi dari penelitian ini adalah memperbaiki dan meningkatkan pendekatan andragogi dan komunikasi interpersonal pamong belajar di SKB Cerme Gresik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)