Implementasi Kurikulum Program Magang 24 Minggu dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Pengetahuan di Ruang Belajar Aqil Kota Malang

  • Depikke Nurcholisya Sawitri Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (2022) tentang pemuda, sebanyak 30,38% tergabung dalam NEET. Salah satu cara untuk mereduksi adalah dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam program magang. Salah satu lembaga yang menjalankan dan menyediakan program magang adalah Ruang Belajar Aqil. Ruang Belajar Aqil perlu menyusun kurikulum program guna merancang tujuan, capaian, isi, penilaian, hingga evaluasi program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah impelementasi kurikulum yang dijalankan sudah baik. Adapun peningkatan kapasitas yang dialami oleh peserta adalah perubahan kecakapan, perubahan proses belajar, pengelolaan pengetahuan, dan peningkatan kemampuan. Faktor pendukung impelemtasi kurikulum adalah peserta didampingi oleh mentor yang relevan, terdapat sesi coaching bagi peserta yang disesuaikan dengan tugas proyek yang dijalankan, terdapat sesi pengembangan kerelawanan yang membantu peserta untuk mengembangkan dirinya setelah program berakhir, dan terdapat pemantauan hasil dan pemetaan dampak pembelajaran peserta selama mengikuti program Magang 24 Minggu di Ruang Belajar Aqil.

Diterbitkan
2023-10-19
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 42