Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Efektivitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Seni Kelas 10 Kesetaraan Kejar Paket C di SKB Negeri Surabaya
Abstract
Pelaksanaan manajemen kelas pada mata pelajaran seni kelas 10 di SKB Negeri Surabaya merupakan upaya untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan partisipatif. Memiliki peserta didik dengan latar belakang yang berbeda membuat tutor perlu menerapkan strategi khusus agar pembelajaran tetap efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan manajemen kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya.
Subjek penelitan sebanyak 14 orang, 10 orang peserta didik, dan 4 orang tutor. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk dapat menggali lebih dalam hal kompleks yang terjadi di kelas pada saat pelaksanaan manajemen kelas dan melalui sudut pandang yang beragam. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil menunjukkan bahwa tutor memanfaatkan modul Kurikulum Merdeka, metode demonstrasi disertai praktik langsung, serta media belajar fisik untuk mendorong aktivitas belajar dan komunikasi interaktif. Faktor pendukung meliputi peran tutor sebagai fasilitator dan ketersediaan fasilitas pendukung, sementara faktor penghambat berupa kurangnya kesadaran peserta didik akan hak dan kewajibannya sebagai pelajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan strategi manajemen kelas pada pendidikan nonformal pada mata pelajaran seni serta memberikan wawasan baru tentang praktik pembelajaran yang lebih efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

