IMPLEMENTASI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI UPTD SPNF SKB SIDOARJO

  • Afiah Syafiqoh Dwi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran yang biasanya dilakukan di UPTD SPNF SKB Sidoarjo secara tatap muka dialihkan pada pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran yang sesuai adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring menggunakan Google Classroom yang dilaksanakan di UPTD SPNF SKB Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah kepala SKB, tutor, dan peserta didik kejar paket B. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kriteria keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses perencanaan yang dilakukan tutor adalah membuat jadwal pelajaran, menyusun RPP, menyiapkan media pembelajaran, menentukan model, metode, pendekatan dan strategi serta membuat ujian modul. (2) proses pelaksanaan yang dilakukan tutor adalah mengirimkan video pembelajaran atau materi berupa ppt/pdf melalui Google Classroom kemudian dilanjutkan dengan pemberian penjelasan materi serta tugas. (3) proses evaluasi yang dilakukan tutor adalah ujian modul. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah dilakukan dengan cukup baik.

Published
2022-07-21
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 32