Peran Pengasuh dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Asuh (7-12 tahun) di LKSA Bismar Al-Mustaqim

  • Magfiroh Alfiana Mufidah Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji peran panti asuhan LKSA Bismar Al Mustaqim dalam mengembangkan  kecerdasan interpersonal anak asuh, apa saja faktor penghambat bagi pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak asuh, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk menanggulangi faktor penghambat pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak asuh. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yakni koordinator pengasuh, kepala pengasuh putra, kepala pengasuh putri, pembimbing, anak asuh. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi partisipatif, wawancara secara mendalam, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak asuh adalah dengan menjadi sosok (a) orangtua pengganti atau yang berwenang dalam menerapkan pola asuh, membimbing, memberikan kasih sayang dan motivasi, (b) sebagai guru atau pihak yang berwenang dalam memberikan edukasi dan pengarahan bagi anak asuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya, dan sebagai (c) fasilitator, atau yang berwenang dalam memfasilitasi anak asuh dalam menunjang proses perkembangan kecerdasan interpersonalnya. Faktor penghambat dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak asuh terdiri dari faktor internal atau faktor yang berasal dari diri sendiri (parental burnout, self-efficacy yang rendah, dan usia) dan faktor eksternal (pola asuh terdahulu, karakter anak, dan lingkungan sekitar).

Diterbitkan
2023-07-10
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 32