Hubungan Antara Pembelajaran Studio Podcast dengan Perkembangan Keterampilan Berbicara Warga Belajar Program Kesetaraan di PKBM Think Indonesia School

  • Cindy Sefiana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi hubungan antara aktivitas pembelajaran studio podcast dan perkembangan keterampilan berbicara warga belajar program kesetaraan di PKBM Think Indonesia School. Penelitian ini menggunakan mix method  jenis sequential explanatory yaitu, mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dalam dua tahap, dengan penekanan utama pada metode kuantitatif.  . Teknik pengumpulan data penelitan ini yaitu, kuisioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan warga belajar program kesetaraan di PKBM Think Indonesia School. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran studio podcast dengan perkembangan keterampilan berbicara warga belajar program kesetaraan di PKBM Think Indonesia School, yang ditunjukkan dengan r hitung > r tabel (0,617 > 0,361) dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Kemudian dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan peserta didik aktif dalam pembelajaran studio podcast menunjukkan peningkatan dan perubahan keterampilan berbicara yang signifikan. Mereka menunjukkan kemajuan dalam ekspresi wajah, pengucapan, dan intonasi, serta dalam kemampuan berbicara melalui interaksi dengan tim belajar mereka dan mentor, meskipun mengalami kesulitan dan menunjukkan ketekunan dalam mengatasinya dengan latihan berulang.

Diterbitkan
2024-05-02
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0