Penerapan Syllable Method sebagai Upaya Mengatasi Literasi Dasar pada Warga Belajar Program Kesetaraan Kelas Inklusi Paket B SKB Gudo Jombang

  • Sintia Dwi Erlinia Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penerapan syllable method yang merupakan pembelajaran yang diterapkan sejak tahun 2019 di Program Kesetaraan Kelas Inklusi Paket B SKB Gudo Jombang. Penerapan metode ini sebagai upaya mengatasi literasi dasar pada warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran syllable method sebagai upaya mengatasi literasi dasar pada Program Kesetaraan Kelas Inklusi  Paket B SKB Gudo Jombang. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif, melalui teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran metode silabel dilakukan secara, mendidik dan efektif. Terdapat 5 literasi dasar yang diterapkan literasi baca tulis, numerasi, sains, digital dan  finansial. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dari penerapan pembelajaran metode silabel. Faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang mendukung. Adanya ketertarikan warga belajar pada proses pembelajaran literasi dasar sedangkan faktor penghambatnya yaitu terdapat warga belajar yang proses belajarnya lamban sehingga perlu bimbingan intensif untuk memahami metode silabel yang akhirnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Diterbitkan
2024-01-08
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0