Kompetensi Pedagogik Tutor dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Kesetaraan Paket A di PKBM Insan Cerdas Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik tutor dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket A di PKBM Insan Cerdas Indonesia, serta menganalisis bagaimana tutor merancang dan menyampaikan pembelajaran berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan dokumentasi. Informan terdiri dari empat tutor aktif, kepala PKBM, dan tiga peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor menerapkan PCK secara reflektif melalui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, adaptasi strategi mengajar, serta penciptaan pengalaman belajar yang kontekstual dan menyenangkan. Tutor menggunakan metode proyek, simulasi, lagu, media visual, dan pengalaman peserta didik. Peran tutor mencakup fasilitator dan mentor reflektif. Dukungan kelembagaan serta budaya refleksi kolektif terbukti meningkatkan profesionalisme tutor. Temuan ini menegaskan bahwa praktik berbasis PCK dapat meningkatkan mutu pendidikan nonformal dan menjadi model bagi lembaga kesetaraan lainnya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

