Peran Orang Tua dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Informal di SPS Lely Desa Kuluran Kabupaten Lamongan

Authors

  • Fihima Arisindi Salsabilah universitas negeri surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam pembelajaran informal untuk melatih kemandirian anak usia dini di SPS Lely Desa Kuluran. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa peran orang tua sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator di rumah berpengaruh terhadap kemandirian anak.  Bentuk keterlibatan tersebut secara signifikan berkontribusi dalam pengembangan aspek kemandirian anak, seperti kemampuan fisik, percaya diri, tanggung jawab, disiplin, kemampuan sosial, dan pengendalian emosi. Evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran informal mengungkapkan adanya faktor pendukung seperti komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, serta motivasi orang tua untuk terlibat. Namun, terdapat pula hambatan seperti keterbatasan waktu dan pemahaman orang tua terhadap strategi pembelajaran yang tepat. Dengan demikian, kolaborasi aktif antara orang tua dan lembaga pendidikan menjadi kunci dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Fihima Arisindi Salsabilah, & Yulianingsih, W. (2025). Peran Orang Tua dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Informal di SPS Lely Desa Kuluran Kabupaten Lamongan. J+PLUS UNESA, 14(2), 70–78. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/69245
Abstract views: 93 , PDF Downloads: 46

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>