Peran Guru Melalui Pendidikan Karakter Islami dalam Meningkatkan Social Sensitivity Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Durratul Yatimah Sidoarjo

Authors

  • Tyas Ambarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru melalui pendidikan karakter Islami dalam meningkatkan social sensitivity pada anak usia dini di KB Durratul Yatimah Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama, yaitu: (1) wawancara mendalam dengan kepala KB, guru, dan orang tua peserta didik; (2) observasi langsung terhadap lingkungan sekitar KB, sarana dan prasarana, peran guru, perilaku anak, serta kegiatan pembelajaran yang berlangsung; dan (3) dokumentasi, meliputi laporan kegiatan pembelajaran, catatan perkembangan anak, aktivitas interaksi anak, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam menumbuhkan social sensitivity pada anak usia dini. Selain berperan sebagai pendidik, guru juga berfungsi sebagai teladan, motivator, dan fasilitator. Penerapan nilai-nilai karakter Islami, seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, kerja sama, dan saling menghormati, terbukti efektif dalam meningkatkan kepekaan sosial anak. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah faktor pendukung, antara lain: keteladanan guru dalam menerapkan nilai-nilai Islami, keterlibatan aktif orang tua, lingkungan yang kondusif dan religius, sarana pembelajaran yang memadai, serta program pembiasaan yang terstruktur. Meskipun demikian, penerapan nilai-nilai tersebut masih menghadapi tantangan berupa faktor penghambat internal (dalam diri anak) dan eksternal (lingkungan sekitar anak).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Ambarwati, T., & Yulianingsih, W. (2025). Peran Guru Melalui Pendidikan Karakter Islami dalam Meningkatkan Social Sensitivity Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Durratul Yatimah Sidoarjo. J+PLUS UNESA, 14(2), 206–217. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/71488
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 2

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>