Penerapan Empiris Model Kirkpatrick Empat Tingkat dalam Pendidikan Informal: Pelatihan Barista di PKBM Perkotaan

Authors

  • Intan Fadzilaturrahma Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan vokasional barista yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di wilayah perkotaan Surabaya dengan menerapkan Model Evaluasi Empat Tingkat Kirkpatrick yang mencakup aspek reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Menggunakan desain metode campuran, data dikumpulkan melalui survei, tes terstandar, observasi lapangan, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta menunjukkan tingkat kepuasan tinggi terhadap pelatihan, terjadi peningkatan signifikan dalam kompetensi teknis, serta transformasi perilaku yang bermakna, termasuk kemampuan menjadi mentor sebaya dan penerapan keterampilan secara nyata dalam konteks kerja. Sebanyak 65% peserta terlibat dalam aktivitas ekonomi berbasis kopi setelah pelatihan, baik sebagai pekerja, freelancer, maupun wirausaha mikro. Temuan ini memperkuat relevansi model Kirkpatrick dalam konteks pendidikan nonformal dan mengusulkan perluasan indikator hasil untuk mencakup partisipasi dalam jalur ekonomi informal. Studi ini memberikan kontribusi teoretis terhadap evaluasi pelatihan serta menyajikan implikasi praktis bagi pengelola program dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pelatihan yang berdampak dan kontekstual di lingkungan pembelajaran informal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Fadzilaturrahma, I., & Nugroho, R. (2025). Penerapan Empiris Model Kirkpatrick Empat Tingkat dalam Pendidikan Informal: Pelatihan Barista di PKBM Perkotaan. J+PLUS UNESA, 14(2), 251–257. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/71976
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 13

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>