PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 12 SURABAYA MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF MICROSOFT SWAY

  • Victor Bintang Gemilang Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Microsoft Sway, Seni Budaya, Seni Musik

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan semakin menunjukkan perannya. Oleh sebab itu pemanfaatan media belajar semakin variatif dan interaktif. Salah satu kegiatan yang memanfaatkan media berbasis teknologi ialah kegiatan pembelajaran seni musik di SMPN 12 Surabaya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pembelajaran seni musik di SMPN 12 Surabaya melalui multimedia interaktif Microsoft Sway. Teori sebagai landasan penelitian ini ialah multimedia interaktif, Microsoft Sway¸ dan pembelajaran seni budaya khususnya bidang musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian antara lain: kepala sekolah, guru seni budaya, dan siswa. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Dalam tahap analisis data dimulai dari proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kegiatan belajar diamati melalui instrumen penelitian yang dianalisis menggunakan Skala Likert. Proses pembelajaran melalui beberapa tahap yakni; pembuatan media, proses pembelajaran selama empat pertemuan serta tahap evaluasi untuk mengamati respon dan hasil belajar siswa. Temuan penelitian mengenai proses pembelajaran melalui Microsoft Sway termasuk kategori efektif dengan rata-rata 87,5%. Hasil belajar siswa melalui proyek sajian vokal grup mendapatkan rata-rata nilai 91.06. Media pembelajaran yang interaktif, dapat memotivasi siswa dalam belajar yang membuat akselerasi penyerapan materi lebih meningkat yang dapat berimplikasi pada hasil belajar.

Published
2022-01-11
How to Cite
Gemilang, V., & Mitta Anggoro, R. R. (2022). PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 12 SURABAYA MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF MICROSOFT SWAY. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 240-255. https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p240-255
Section
Articles
Abstract Views: 245
PDF Downloads: 281