MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SANGGAR JUANDA BUDI BAHARI SIDOARJO

  • Khusnul Indah Mariyaulfah Universitas Negeri Surabaya
  • Enie Wahyuning Handayani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Tari, Model Contextual Teaching Learning

Abstract

Juanda Budi Bahari (JBB) merupakan Sanggar tari yang berdiri pada tanggal 3 Agustus 2006, Lokasi Sanggar di jalan Insinyur Haji Djuanda. Pelajaran di Sanggar terbagi dalam tiga kategori kelas yaitu Dasar, Menengah, dan Lanjut. Jumlah anggota di Sanggar JBB berjumlah 119 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Metode. Analisis data yang digunakan dengan mereduksi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Sanggar JBB memiliki program pembelajaran yang meliputi alokasi waktu. Alokasi waktu adalah jadwal latihan Sanggar untuk menyelesaikan materi pembelajaran. Selain itu terdapat program semester  lebih menekankan pada jumlah materi yang diberikan Sanggar JBB. Sanggar JBB Sidoarjo menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), karena dengan menggunakan model tersebut akan mempermudah pelatih menyampaikan materi, peserta didik dapat menerima materi dengan mudah dan kegiatan pembelajaran menjadi efektif. Simpulan dari penelitian ini meliputi: Sanggar JBB memprogram kegiatan Sanggar dengan baik dari segi waktu, program kelas, dan administrasi. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pelatih dibantu oleh beberapa asisten agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar. Semua langkah-langkah dalam menggunakan model CTL dilaksanakan oleh Sanggar JBB. Hasil dari pembelajaran selain dari perlombaan, adalah pada sikap peserta didik.

Published
2022-04-01
How to Cite
Mariyaulfah, K., & Handayani, E. (2022). MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SANGGAR JUANDA BUDI BAHARI SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 42-54. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p42-54
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 140