PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IX MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DI SMP NEGERI 25 SURABAYA

  • Kesveilla Shindi Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Microsoft Teams, Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penyebaran infeksi Virus Corona telah melemahkan semua bidang kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Pelaksanaan sekolah selama pandemi virus Corona telah berubah bentuk operasional menjadi daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring salah satunya dilaksanakan di SMP Negeri 25 Surabaya pada mata pelajaran Seni Budaya aspek Seni Rupa.  Penelitian  ini bertujuan  untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya menggunakan Microsoft Teams dan hasil pembelajaran Seni Budaya kelas IX menggunakan Microsoft Teams di SMP Negeri 25 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru Seni Budaya dan siswa kelas IX J. Peneliti menggunakan tiga tahapan analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi, serta validitas berupa triangulasi, dimana data yang diperoleh tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft Teams kemudian disusun sebagai poin penggambaran atau laporan sehingga informasi ini akan semakin lengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Seni Rupa pada aspek pengetahuan KD 3.1 menggunakan semua fitur yang ada di Microsoft Teams berupa Activity, Chat, Teams, Assigment, Kalender, Calls, File, …,serta Aplikasi. Mengingat banyaknya faktor pendukung selama belajar di tengah Pandemi Virus Corona, selain itu juga mendapat tanggapan sangat baik dari siswa dan guru karena penggunaan lebih simple dan dapat diakses melalui handphone atau laptop serta dengan menggunakan aplikasi digital sangat menguntungkan kedua belah pihak antara siswa dan guru, dimana siswa menjadi lebih kreatif mengolah teknologi yang sedang berkembang saat ini. Hasil belajar siswa kelas IX J lebih efektif karena dari sebelumnya nilai pretest siswa hanya mencapai rata-rata 49 setelah menggunakan Microsoft Teams dalam pembelajaran daring nilai test berupa tugas pengetahuan aspek Seni Lukis mendapatkan rata-rata 97, tugas praktek karya Seni Lukis mendapatkan rata-rata 82, dan Penilaian Harian mendapatkan rata-rata 86. Hal tersebut menyatakan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata diatas KKM yaitu 80. Namun, ada beberapa hambatan yang tidak dapat dihindari dalam pemanfaatan jejaring sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Seni Rupa KI.KD 3.1 dan 4.1 secara daring di SMP Negeri 25 Surabaya melalui Microsoft Teams berjalan lancar.

References

Anwar, S. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PustakaWidyatama.
Isa Anshori. 2004. Evaluasi Pendidikan. Sidoarjo: Muhammadiyah University Press
Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Public. Yogyakarta: UPP STIMYKPN
Mardiasmo. 2017. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.
Margono. 1997. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
____________. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: TiaraWacana.
Simamora, Ns Roymond H. M.Kep. 2018. Buku ajar: Keselamatan Pasien
melalui Timbang terima Pasien berbasis Komunikasi Efektif: SBAR. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Jakarta:Salemba Empat.
Widodo, S. E. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Elda & Mursalin. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayananan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur. (Online), Jurnal Mediasi, Vol. 3, No. 1, September 2020: 13-27 (https://www.google.com/search?q=daftar+pustaka+Mardiasmo+(2017%3A+134)&oq=daftar&qs=chrome.0.69i59l3j69i57j69i60l4.2831j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8# , diakses pada 16 September 2021).
Mu’ti, Yafita Arfina. 2020. Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Microsoft Teams Pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/32/28, diakses pada 11 Oktober 2021).
Nurjanah, Ai. 2021. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menggunakan Media Microsoft Teams ditinjau dari Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. (Online) (http://digilib.uinsgd.ac.id/41807/, diakses pada 11 Oktober 2021).
Rustaman, A. H. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di
Masa Pandemi Covid-19. (Online), Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 557-562. (http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1274, diakses pada 11 September 2021).
Ulya, M. Abdul Wahid. 2021. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams pada Masa Pandemi. (Online), Vol. 6, No. 1,(https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/6741/3335, diakses pada 12 Oktober 2021).
Published
2022-07-06
How to Cite
Puspitasari, K. (2022). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IX MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DI SMP NEGERI 25 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 139-150. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46441
Section
Articles
Abstract Views: 250
PDF Downloads: 168