PENGARUH PENGGUNAAN JENIS EYESHADOW SEBAGAI FINISHING PAES TERHADAP HASIL TATA RIAS PENGANTIN SOLO PUTRI

Main Article Content

MAY WINDA PUTRI AYU LESTARI
DEWI LUTFIATI

Abstract

Pengantin Solo putri adalah salah satu corak tata rias pengantin dari kota Solo Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah adanya paes pada dahi pengantin wanita yang diisi pidih hitam. Pidih memiliki tekstur yang creamy dan mudah tergeser apabila sudah diaplikasikan di kerangka paes. Salah satu inovasi agar paes lebih tahan lama dan tidak mudah tergeser adalah dengan mengaplikasikan jenis eyeshadow sebagai finishing paes pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan jenis eyeshadow sebagai finishing paes terhadap hasil tata rias pengantin Solo putri (2) mengetahui yang terbaik antara penggunaan eyeshadow bubuk dan eyeshadow padat sebagai finishing paes terhadap hasil tata rias pengantin Solo putri.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian true eksperimental design dengan menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan 2 (dua) model dengan kriteria sama, yaitu bentuk dahi yang lebar keatas dan warna kulit kuning langsat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan oleh 30 orang yang terdiri dari 4 panelis ahli dan 26 panelis semi terlatih. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan bantuan program SPSS 22 dengan taraf signifikan 5% atau <0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan jenis eyeshadow sebagai finishing paes terhadap hasil tata rias pengantin Solo putri dengan hasil t-hitung 6,406 dan nilai signifikan Independent Sample T-Test adalah 0,000 < 0,05 (nilai taraf nyata), maka sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji t Ha diterima. Selanjutnya untuk hasil terbaik dalam penelitian ini yaitu penggunaan eyeshadow bubuk sebagai finishing paes, dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata masing-masing eyeshadow bubuk 3,76 dan eyeshadow padat 3,48.

Kata Kunci : Jenis Eyeshadow, Paes, Tata Rias Pengantin Solo Putri.

Article Details

Section
Articles