PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KOMPETENSI DASAR SANITASI BIDANG KECANTIKAN DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.p%25pAbstract
Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah belajar kelompok yang menggunakan stick dan lagu nasionalisme sebagai media peserta didik untuk menyatakan pendapat di sebuah forum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK, 2) hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan rancangan penelitian one shoot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Sasaran penelitian siswa kelas X SMK Berbudi sejumlah 9 orang. Hasil penelitian ini yaitu: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK yaitu : kegiatan pembuka rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat baik, kegiatan inti rata-rata 3,93 dengan kriteria sangat baik, dan kegiatan penutup rata-rata 4 dengan kriteria sangat baik, 2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK yaitu : nilai tertinggi adalah 96 dan nilai terendah adalah 78. Nilai rata-rata kelas adalah 85,56. Ketuntasan secara klasikal 100% yang berarti pencapaian nilai siswa di atas KKM.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, talking stick, sanitasi bidang kecantikan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

