PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR TATA RIAS WAJAH PANGGUNG DI SMK NEGERI 6 SURABAYA

Main Article Content

Ilfa Chasanah
Suhartiningsih Suhartiningsih
Arita Puspitorini
nia kusstianti

Abstract

PenelitianainiadilakukanadenganamenerapkanamodelapembelajaranalangsungadiakelasaXIaKecantikanaKulitadan RambutaSMK Negeri 6 Surabaya. Tujuanapenelitianaini ialah: 1) Mengetahui keterlaksanaan sintak model pembelajaran langsung pada hasil belajaratataariasawajahapanggung, 2) Mengetahui aktifitasasiswa selama proses belajar tata rias wajah panggung dengan menggunakanamodelapembelajaranalangsung, 3)aMengetahui hasil belajarasiswaasetelahamenggunakanamodel pembelajaranalangsungapada tataariasawajahapanggung, 4) Mengetahuiaresponayang diberikan siswa terhadap model pembelajaran langsung padaatataariasawajahapanggung. Penelitian ini termasuk penelitian pre eksperimentaladesign. Subjekapenelitian adalahasiswaakelas XI Kecantikan Kulit dan Rambut 3 di SMK Negeri 6 Surabaya sebanyaka30 siswa. Metode pengumpulanadataamenggunakan observasi, tes dan angket . Pada metode analisis datanya menggunakanarumusarata-rata danapersentase. Hasilapenelitian ini adalah : 1) Penilaian keterlaksanaan sintak model pembelajaranalangsung padaahasil belajaratata rias wajah panggung termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 3.93, 2) penilaian aktifitasasiswaaselama proses belajaratata rias wajah panggung dengan menggunakan modelapembelajaran langsungatermasuk dikategori sangat baik dengan presentase 92,3%, 3) penilaian hasil belajarasiswaasetelah menggunakan model pembelajaran langsung pada tata rias wajah panggung terdapat peningkatanadenganahasil rata-rata test kognitif pretest sebesar 56,73 dan posttest 83,86, hasil rata-rata tes psikomotor pretest 56,76 dan posttest 86,60, 4) penilaian respon yang diberikan siswa terhadap model pembelajaran langsungapadaatataarias wajah panggung berkategori sangat baik dengan presentase 98,3%.

Article Details

Section
Articles