MINAT KONSUMEN DALAM PEMILIHAN KONSEP TATA RIAS PENGANTIN DI BLESS SALON DAN WEDDING SERVICE SURABAYA

Main Article Content

Risqa Afkarina
Sri Dwiyanti
nia kusstianti
Dewi Lutfiati

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, tata rias pengantin di Indonesia juga turut mengalami kemajuan. Keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia membuat calon pengantin memiliki banyak pilihan dalam menentukan konsep tata rias pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya ditinjau dari faktor budaya, pribadi, sosial dan psikologis. (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan atau kondisi tanpa mengubah objek penelitian dengan seluruh pelanggan Bless Salon dan Wedding Service Surabaya dalam kurun waktu bulan November sampai dengan bulan Maret 2020 sebanyak 30 pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya lebih cenderung memilih tata rias pengantin modifikasi muslim, dengan alasan sebagian responden yang berhijab tetap bisa menggunakan konsep wedding yang diinginkan dan juga tetap bisa berhijab (2) Persentase tertinggi jawaban responden terdapat pada faktor budaya dengan jawaban setuju sebesar 80 %, sedangkan faktor terendah yaitu faktor psikologis memperoleh nilai tertinggi dengan jawaban setuju dengan persentase 57%. Semua faktor mempengaruhi minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya dengan perolehan nilai persentase tertinggi yaitu pada faktor budaya.


Kata kunci: Minat konsumen, Konsep, Tata rias pengantin

Article Details

Section
Articles