PENGGUNAAN PERANGKAT PELATIHAN PADA PELATIHAN TATA RIAS WAJAH DAN PENATAAN JILBAB BAGI SANTRIWATI PANTI ASUHAN YATIM

Main Article Content

Nurud Diana
Maspiyah Maspiyah

Abstract

Pendidikan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM. Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu tidak hanya melalui pendidikan formal saja namun juga bisa melalui pendidikan non formal atau pendidikan luar sekolah. Salah satu pendidikan luar sekolah yaitu pelatihan keterampilan yang bisa diberikan pada anak-anak yang putus sekolah atau anak-anak pada panti asuhan. Pelatihan yang tepat diberikan yaitu tentang tata rias wajah dan penataan jilbab dengan menggunakan hand out sebagai perangkat pelatihannya. Tujuan penelitian ini adalah, 1) mengkaji aktivitas santriwati dalam pelatihan 2) mengkaji hasil praktek tata rias wajah dalam pelatihan 3) mengkaji hasil praktek penataan jilbab dalam pelatihan 4) mengkaji respon santriwati dalam pelatihan.

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan rancangan penelitian one shoot case study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta, rubrik kinerja penilaian tata rias wajah, rubrik kinerja penilaian penataan jilbab, dan lembar angket. Sasaran penelitian adalah santriwati panti asuhan yatim pondok pesantren karangasem sebanyak 15 orang.

Hasil penelitian didapat sebagai berikut 1) aktivitas peserta rata-rata tertinggi yaitu nilai 4 dan terendah 3 yang merupakan kategori sangat baik dan baik 2) Hasil praktek tata rias wajah terdapat 2 peserta yang mendapat nilai kategori baik dan 13 peserta baik sekali, jika diprosentase terdapat 13,33% mendapat kategori baik dan 86,67% mendapat kategori baik sekali 3) Hasil praktek penataan jilbab terdapat 2 peserta yang mendapat nilai kategori baik dan 13 peserta baik sekali, jika diprosentase terdapat 13,37% mendapat kategori baik dan 86,67% mendapat kategori baik sekali4) Hasil respon peserta dari 10 aspek, 4 aspek seluruh peserta menyatakan setuju dan sangat setuju dan pada 6 aspek terdapat beberapa peserta yang menyatakan kurang setuju dan selebihnya setuju dan sangat setuju.

kata kunci : Perangkat pelatihan, pelatihan, tata tias wajah, penataan jilbab.

Abstract

Education is an effort to improve human resource quality. This effort to improve human resource is not only through formal education, but it could be through non formal education or out of school education. One out of school education is skills training which could be given to the dropout school children or children at orphanage. Training given were make up and hijab styling by using handout as training set. The purposed of this research were, 1) reviewing girl student activity at training, 2) reviewing result of make up practiced at training, 3) reviewing result of hijab styling practiced at training, 4) reviewing girl student response at training.

This research was pre-experimental research with research design one shoot case study. Instruments used were trainee activity observation sheet, assessment rubric of face makeup performance, assessment rubric of hijab styling performance, and questionnaire. Object of this research were girl students in orphanage boarding school of Karangasem as many 15 students.

Results obtained are following: 1) the highest mean trainee activity was 4 and the lowest was 3 which were very good category and good category, 2) practical result of face makeup were 2 girls students obtained score in good category and 13 trainee were very good, if in percentage there were 13,33% have good category and 86,67% have very good category, 3) practical result of hijab styling were 2 girls students have good category score and 13 trainee were very good, if in percentage there were 13,33% have good category and 86,67% have very good category, 4) result of trainee response of 10 aspects, in 4 aspects all trainee stated agree and very agree and in 6 aspects some trainee stated less agree and remains agree and very agree.

Keywords: Training set, training, make up, hijab styling.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Nurud Diana, S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Maspiyah Maspiyah, S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya