KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KOMPETENSI DASAR SPA AROMATHERAPY

  • Agatha dewayana
  • nia Kusstianti
  • sri dwiyanti
  • Arita Puspitorini

Abstract

Pembelajaraan kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) yakni salah satu jenis pembelajaran yang memiliki strategi pembelajaran kerjasama dengan memadukan beberapa teknik seperti ceramah, tanya-jawab, dan kerja grup yang beranggotakan 3-4 orang siswa secara heterogen yang membuat murid lebih aktif dalam belajar memahami entitas dan berkomunikasi. Tujuan kajian ini untuk mengkaji/mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kompetensi dasar SPA Aromatherapy.

abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar SPA Aromatherapy. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji atau mereview jurnal-jurnal ilmiah melalui studi literatur. Penulis mengumpulkan data, setelah itu dilakukan perbandingan dan pengujian data yang telah ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengutip pendapat yang sesuai dari para ahli. Kajian tersebut menunjukan hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan teknik pembelajaran yang lebih baik untuk digunakan pada kompetensi dasar SPA Aromatherapy. Kegiatan ini terlihat dari ada beberapa teori belajar yang mendukung teknik pemebalajaran kooperatif tipe STAD, serta anak didik menjadi lebih aktiv dan mudah menyerap teori yang dipelajari.

Kata Kunci: Kajian, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Spa Aromatherapy

Published
2021-06-21