RESPON SISWA TERHADAP MODUL AJAR RIAS WAJAH DASAR DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

  • Rizka Zulkifli
  • Biyan Wilujeng
  • Arita Puspitorini
  • Sri Dwiyanti

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan membandingkan jumlah respon siswa yang positif dan respon siswa yang negatif dalam penggunaan modul ajar rias wajah dasar di SMK Negeri 3 Probolinggo. Dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa, 19 siswa kelas XII dan 11 siswa kelas XI,SMK Negeri 3 Probolinggo sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner (angket). Hasil data diperoleh dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam persentase dengan Windows. Data persentase yang didapat dianalisis dengan melakukan penyesuaian terhadap kategori yang ada.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya semua Aspek yangterdapat dalam angket respon siswa menunjukkan 70% dikategorikan sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwasannya pembelajaran menggunakan modul rias wajah dasar di SMK Negeri 3 Probolinggo menerima respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penilitian \pada sejumlah siswa,mereka lebih mudah memahami materi yang diberikan.

Kata Kunci:Modul, Rias Wajah Dasar, Penilitian dan Respon.

Published
2021-06-21