PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK RETOUCH REBONDING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK KECANTIKAN

Main Article Content

riyan Wahyuni Laraswati
Suhartiningsih Suhartiningsih
Octaverina Pritasari
Dindy Sinta Megasari

Abstract

abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Pembuatan Video Tutorial Teknik Retouch Rebonding Sebagai Media Pembelajaran di SMK Kecantikan. Jenis penelitian ini adalah quaisy eksperimen  design dengan desain penelitian “One-Shot Case Study”. Validator penelitian ini adalah 8 responden di bidang materi dan media diantaranya 4 dosen S1 Pendidikan Tata Rias UNESA dan 4 guru SMK program keahlian tata kecantikan kulit dan rambut (TKKR). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Dalam prosedur penelitian ini terdapat treatment/perlakuan dengan cara responden mengobservasi media pembelajaran video tutorial yang telah di buat oleh peneliti dilanjutkan dengan mengisi instrumen penilaian berupa lembar observasi melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kualitas media pembelajaran video tutorial dengan 2 aspek penilian yaitu aspek materi dan aspek media. Penilaian aspek materi memperoleh hasil rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat baik, penilaian aspek media memperoleh hasil rata-rata 91,87% dengan kriteria sangat baik. Adapun total persentase keseluruhan pada aspek materi dan aspek media yang diperoleh dari 8 responden adalah 92,18% dengan kriteria sangat baik , artinya media pembelajaran video tutorial teknik retouch rebonding pada kompetensi dasar pelurusan rambut dapat digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK)


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Teknik Retouch Rebonding

Article Details

Section
Articles