PENGARUH FASILITAS BELAJAR DARINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADALAM KOMPETENSI DASARMENERAPKANPEMANGKASAN RAMBUT PRIA DENGAN TEKNIK BARBER DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Adetyas Pramesti
Nia Kusstianti
Octaverina Pritasari
Arita Puspitorini

Abstract

Abstrak


Adanya virus Coronadi Indonesia mengakibatkansekolah diliburkan dan siswa belajar secara Daring (dalam jaringan). Untuk mencapai tujuanbelajar Daring harus memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar. mengetahui pengaruh fasilitas belajar Daring terhadap motivasi belajar siswa adalah tujuan penelitian ini. Metode observasi dan angket merupakan metode yang dipilihdalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Penelitian ini memakai Pendekatan kuantitatif. AnaIisis regresi Iiniersederhana, Uji-t, dan koefisien determinasi yang digunakan sebagai analisis data dalam penelitisn ini. Dari hasil anaIisis regresi Iinier sederhana koefisien regresi X besarnya adalah 0,947 dijabarkan bahwa setiap bertambahnya 1% nilai Fasilitas belajar, menjadikan motivasi belajar nilainya bertambah 0,947. Yang artinya pengaruh variabel X (fasilitas belajar) terhadap variabel Y (motivasi belajar) mempunyai arah pengaruh yang positif.Nilai thitung 12,018>ttabel 1,999 dan sig 0,000<0,05 jadikesimpulannya variabel fasilitas belajar (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi belajar (Y). Koefisien determinasi(R Square) adalah 0,696 sehingga artinya pengaruh variabel bebas (fasilitas belajar) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) adalah 69,1%.Sehingga dipenelitian ini dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar Daring terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 12 Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Kediri. Jika fasilitas belajar Daring baik dan lengkap maka motivasi belajar siswa menjadi lebih baik sehingga dapat tercapai tujuan belajar.


KataKunci:Fasilitas Belajar Daring, Motivasi Belajar

Article Details

Section
Articles