KELAYAKAN MODUL AJAR KOMPETENSI SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA BIDANG KECANTIKAN DI SMK 1 PRAYA

Main Article Content

Baiq Mulya Nuryana
Dewi Lutfiati
Octaverina Pritasari
Dindy Sinta Megasari

Abstract

Abstrak
Penerapan m0dul ini sebagai media pembelajaran bagi peserta didik tata kecantikan SMK dapat memainkan
peran penting dilakukan sebagai pemandu bagi guru dan siswa dalam pr0ses pembelajaran, sehingga interaksi
kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan m0dul
pembelajaran keterampilan kebersihan dan keselamatan kerja bidang kecantikan SMK 1 Praya meliputi 1)
keterbacaan dan kemudahan membaca m0dul, 2) k0nsistensi isi dan judul m0dul, 3) membantu peserta didik
mempelajari dan menguasai tingkat inf0rmasi dalam materi pembelajaran (mudah dipahami), 4) mudah digunakan,
5) Tampilan keseluruhan m0dul. Jenis met0de penelitian ini mengad0psi penelitian pengembangan dan mengad0psi
m0del desain empat dimensi, termasuk empat tahap definisi, desain, pengembangan dan diseminasi. Met0de
pengumpulan datanya ialah dengan melakukan survei angket terhadap 23 narasumber melalui G00gle yaitu d0sen
pr0gram pembelajaran kecantikan, pengajar kecantikan kulit dan rambut, mahapeserta didik tata rias, dan penata rias.
Menggunakan met0de analisis data deskriptif dan kuantitatif. Hasilnya ialah 1) Keterbacaan modul diperoleh nilai
rata-rata 78,2% dengan criteria baik, 2) Kesesuaian isi dengan judul m0dul didapat nilai rata-rata 95,7% dengan
criteria sangat baik, 3) M0dul Ajar yang disajikan100% menurut narasumber menilai cukup inf0rmatif dan sangat
inf0rmatif, 4) M0dul dinilai aplikatif dengan nilai 100%, 5) Tampilan m0dul secara keseluruhan mendapat nilai 87%.
Dapat disimpulkan m0dul sanitasi hygiene termasuk dalam kateg0ri baik. Kata
Kunci: M0dul Ajar, Sanitasi Hygiene, f0ur-D Design.

Article Details

Section
Articles