MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT TEKNIK INCREASE LAYER KELAS XI SMK

Main Article Content

nanda hilyatul ulya
Dewi Lutfiati
Octaverina Pritasari
Biyan Wilujeng

Abstract

abstrak


Masa pandemi Covid-19 menimbulkan kebijakan pemerintah agar peserta didik belajar secara daring.
Media pembelajaran interaktif digunakan sebagai sarana pendukung guna meningkatkan semangat dan
minat belajar peserta didik. Media interaktif yang dikembangkan berupa flipbook yang diterapkan pada
kompetensi dasar pemangkasan rambut teknik increase layer. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui prosedur perancangan pembuatan dan kelayakan media pembelajaran interaktif. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kuantitatif model Research and Development (R&D) dengan 5
tahap yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain.
Objek penelitian ini adalah kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner penilaian media melalui google form dengan melibatkan
15 validator yang terdiri dari 5 ahli materi, 6 ahli media, dan 4 ahli bahasa. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif dimana data diolah berdasarkan jawaban yang diberikan
validator. Hasil penelitian Menunjukkan: (1) prosedur perancangan pembuatan media interaktif
berbasis flipbook meliputi: penyusunan materi menggunakan referensi buku ajar pemangkasan rambut,
pembuatan video langkah pemangkasan menggunakan aplikasi InShot, mendesain layout
menggunakan aplikasi CorelDRAW, menyusun media interaktif flipbook dengan format exe dan
HTML5. (2) Hasil kelayakan oleh para ahli ditinjau dari segi kualitas materi mendapatkan persentase
sebesar 87%, kualitas media sebesar 88,56%, dan kualitas bahasa sebesar 90,9%, dan diperoleh ratarata sebesar 89% yang dapat dinyatakan media sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran
dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Media interaktif, flipbook, increase layer

Article Details

Section
Articles