PERANAN BEAUTY ADVISOR SEBAGAI DAYA TARIK KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK

Main Article Content

Binti Inna Safitri
Nia Kusstianti
Dewi Lutfiati
Dindy Sinta Megasari

Abstract

abstrak


Beauty advisor merupakan orang yang ditugaskan dalam membantu pelayanan konsumen,
serta mengetahui informasi produk secara detail. Selain memberikan pelayanan kepada konsumen
beauty advisor juga bertanggung jawab dalam meningkatkan target penjualan suatu produk. Beauty
advisor tentunya akan memberikan stimulus pada konsumen guna mencapai target penjualan suatu
produk, sehingga dibutuhkan adanya daya tarik untuk dapat memenuhi hal tersebut. Daya tarik
merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan penjual untuk diperhatikan, diminta, dicari,
dikonsumsi pasar untuk memenuhi suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar peranan dari seorang beauty advisor sebagai daya tarik bagi konsumen. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah beauty advisor yang memberikan
pelayanan kepada konsumen produk kosmetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan angket yang dibagikan kepada 30 responden dari konsumen produk kosmetik. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil
penelitian beberapa aspek ini menyimpulkan bahwa beauty advisor sangat berperan besar sebagai
daya tarik konsumen dalam membeli produk kosmetik. Ini dibuktikan dari aspek kenyamanan yang
diberikan oleh beauty advisor pada konsumen ketika berbelanja menunjukkan respon yang baik yaitu
dengan rata-rata persentase sebesar 76%, pada aspek pelayanan menunjukkan hasil respon yang
sangat baik dari konsumen yaitu dengan persentase sebesar 93%, pada aspek pengaruh yang diberikan
melalui pembawaan diri dari seorang beauty advisor mulai dari sikap, pengetahuan, hingga
penampilan menunjukkan respon yang sangat baik yaitu pada rata-rata nilai persentase sebesar 83%.
Kata Kunci : Beauty advisor, konsumen, minat beli.

Article Details

Section
Articles