MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL FACE PAINTING PADA KOMPETENSI DASAR TATA RIAS FANTASI DI SMK NEGERI 3 PAMEKASAN

Main Article Content

Maulidatul Munawaroh
dewi lutfiati
sri dwiyanti
Dindy Sinta Megasari

Abstract

Masa pandemi covid-19 berdampak pada kegiatan sekolah yang membuat proses pembelajaran dilaksanakan secara online. Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui prosedur perancangan media video, 2) Menguji kelayakan media, 3) Respon guru pada media pembelajaran video tutorial face painting. Jenis penelitian yaitu Research and Development memiliki tujuh tahap, yakni: mengumpulkan informasi awal, merencanakan produk, mengembangkan produk, validasi produk, revisi desain, uji coba lapangan awal, penyempurnaan produk. Objek penelitian adalah media pembelajaran video tutorial face painting dalam kompetensi dasar tata rias fantasi. Metode pengumpulan data mempergunakan angket dari google form yang mencakup 15 validator diantaranya 4 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 5 guru bidang studi. Teknik analisa data lembar validasi mempergunakan Skala Likert diinterprestasikan dalam kriteria yang sudah dibuat. Hasil dari penelitian : 1) Membuktikan 7 tahapan perancangan pembuatan video yaitu : mengumpulkan informasi awal, perencanaan, proses pengambilan video dan editing, validasi media oleh para ahli, revisi produk 1, uji coba lapangan oleh guru, penyempurnaan produk, 2) Hasil validasi oleh para ahli dari mutu media memperoleh persentase 91,25%, kualitas materi mendapat 87,50% dan bahasa mendapat 72,50%, berdasarkan tiga nilai validitas dikatakan sangat baik, 3) Respon guru didapat 90,42%, dari nilai validasi tersebut dapat dinyatakan sangat layak. Kesimpulannya yakni media video tutorial face painting dalam kompetensi dasar tata rias fantasi ini sangatlah layak dipergunakan untuk media pembelajaran pada proses pembelajaran.


Kata kunci : Media pembelajaran, video tutorial, tata rias fantasi, face painting

Article Details

Section
Articles