PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR PEWARNAAN RAMBUT SINGLE APLIKASI PADA RAMBUT YANG TELAH MENGALAMI PROSES KIMIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BUDURAN
Abstract
Abstrak: Teknik pewarnaan single aplikasi merupakan subkompetensi yang dipelajari saat masa pandemi
sehingga pembelajaran berlangsung secara hybrid. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru
pembelajaran terkait didapati bahwa 70% siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Maka dari itu
penerapan model PBM diharap dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini
bertujuan mengkaji sintaks pembelajaran, hasil belajar siswa, respon dan juga aktivitas siswa selama
kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian “Pre-Experimental Design”
menggunakan rancangan “One Group Pretest and Posttest” dengan sampel 32 siswa kelas XI Tata
Kecantikan Rambut di SMK Negeri 1 Buduran. Hasil penelitian membuktikan: (1) sintaks pembelajaran
terlaksana dengan kategori sangat baik dan rataan sejumlah 4.0, (2) aktivitas siswa dalam kegiatan
pembelajaran mendapat rata rata penilaian 3.9 dengan kategori sangat baik, (3) hasil belajar kognitif dan
psikomotor siswa mengalami peningkatan sebesar 17,72 dan 4,9 serta dinyatakan tuntas dan (4) respon
siswa terhadap kegiatan pembelajaran masuk kedalam kategori sangat baik dengan total rerata presentase
99%. x
Kata Kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar, Pewarnaan Rambut
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)