PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KOMPETENSI MENGANALISIS KULIT WAJAH PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 KEDIRI

Main Article Content

Mitha Indah Febrianti
Arita Puspitorini
Nia Kusstianti
Sri Usodoningtyas

Abstract

Abstrak
Pembelajaran menganalisis kulit wajah di SMK Negeri 3 Kediri masih menggunakan model pembelajaran
langsung dan media handout serta power point yang menjadikan siswa pasif dan monoton, sehingga siswa
memerlukan adanya perbaruan model dan media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model
problem based learning dengan media video. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan
media video 2) keterlaksanaan sintaks penerapan model problem based learning 3) hasil belajar siswa 4)
respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pre experiment dengan desain one shoot case study. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas X kecantikan SMK Negeri 3 Kediri sebanyak 35 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan rata-rata dan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) uji kelayakan media video menganalisis kulit wajah
adalah 92% yang dikategorikan sangat layak. 2) keterlaksanaan sintaks penerapan model problem based
learning dengan media video pada kompetensi menganalisis kulit wajah mendapat nilai rata-rata 3,55
berarti terlaksana dengan sangat baik. 3) hasil belajar siswa dapat memenuhi kriteria KKM yaitu hasil
belajar kognitif mendapat nilai rata-rata 92 dan hasil belajar psikomotorik mendapat nilai rata-rata 88,7
sehingga dapat dikatakan tuntas. 4) respon yang diberikan siswa terhadap model problem based learning
sangat baik, merujuk pada seluruh aspek mendapat penilaian tinggi yaitu mendapat persentase 87,7%.
Kata Kunci: problem based learning, menganalisis kulit

Article Details

Section
Articles