PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PADA MATERI TATARIAS WAJAH SEHARI-HARI DI SMK NEGERI 8 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p147-158Abstract
Perlunya pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dapat menjadi salah
satu solusi untuk mengatasi nilai materi rias wajah sehari-hari yang masih dibawah ketercapaian tujuan
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengembangan media video tutorial, (2)
hasil belajar siswa, (3) respon siswa terhadap media video tutorial pada materi tatarias wajah sehari-hari di
kelas X SMKN 8 Surabaya. Pendekatan penelitian menggunakan metode R&D (Research and
Development) dengan mengacu pada 8 tahapan yakni: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3)
Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba kelompok kecil; (7) Revisi produk; (8)
Uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial dari aspek materi
memperoleh nilai 92%, aspek media 93%, dan aspek bahasa 92% secara keseluruhan termasuk kategori
sangat layak; (2) ketercapaian tujuan pembelajaran pada ranah kognitif yakni 63% menjadi 87% kemudian
diuji menggunakan uji-t dan didapatkan nilai thitung (19,523) > ttabel (2,037), ranah psikomotor dinyatakan
mencapai ketuntasan dengan ketercapaian sebesar 85% dan mendapatkan nilai thitung (19,732) > ttabel
(2,037); (3) respon siswa menunjukkan nilai 88% dengan kategori sangat layak. Hasil ini menunjukkan
bahwa pengembangan media video tutorial pada materi tatarias wajah sehari-hari sangat layak digunakan
sebagai media pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor,
serta memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Kata Kunci: Video Tutorial, Tatarias Wajah Sehari-Hari, R&D
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

