Pengembangan media pembelajaran video animasi pada kompetensi dasar anatomi fisiologi rambut di SMK LABSCHOOL UNESA 1 Surabaya

Authors

  • Lucky Larasathi
  • Octaverina Kecvara Pritasari
  • Arita Puspitorini
  • Biyan Yesi Wilujeng

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p241-248

Abstract

P entingnya pengembangan media pembelajaran menggunakan fasilitas sarana prasarana yang ada jadi
solusi guna meningkatkan pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi rambut dan menambah variasi
media pembelajaran sesuai karakteristik siswa.Studi ini tujuannya guna mencapai beberapa hal, yaitu: (1)
Menilai kelayakan media yang digunakan, (2) Menganalisis hasil belajar siswa, dan (3) Mengevaluasi
respon siswa pada penggunaan media pembelajaran berbentuk video animasi dalam menguasai kompetensi
dasar anatomi fisiologi rambut. Studi ini memakai metode penelitian Research and Development (R&D)
yang didasarkan pada model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh tahap. Penelitian ini
melibatkan 32 siswa yang merupakan peserta dari kelas X jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di
SMK Labschool UNESA 1 Surabaya. Metode penghimpunan data di studi ini ialah ini lewat penggunaan
angket. Dalam analisis data, dipakai teknik deskriptif kuantitatif memakai metode statistika persentase.
Hasil studi memperlihatkan (1) Media pembelajaran video animasi mendapat penilaian kelayakan sebesar
96% dari ahli media, 96,1% dari ahli materi, dan 94,2% dari ahli bahasa. Persentase penilaian dari ketiga
ahli masuk pada kategori yang sangat layak untuk media pembelajaran video animasi (2) Hasil belajar
siswapada media pembelajaran video animasi mencapai ketuntasan klasikal sebesar 90,6%, dengan
kriteria yang sangat baik, dan (3) Respon siswapada media pembelajaran video animasi mencapai 93,4%
dengan kriteria yang sangat baik.Dari hasil itu, simpulannya pengembangan media pembelajaran video
animasi untuk kompetensi dasar anatomi fisiologi rambut memiliki kelayakan yang tinggi sebagai media
pembelajaran. Media ini bisa tingkatkan hasil belajar pada aspek kognitif dan menerima respon yang baik
dari siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Video Animasi, Anatomi Fisiologi Rambut

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Larasathi, L., Pritasari, O. K., Puspitorini, A., & Wilujeng, B. Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi pada kompetensi dasar anatomi fisiologi rambut di SMK LABSCHOOL UNESA 1 Surabaya. Jurnal Tata Rias, 12(2), 241–248. https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p241-248
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 161

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >>