PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR RIAS KARAKTER TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 SURABAYA

Main Article Content

Maria Arsa Zusmani Yansah
Octaverina Kecvara Pritasari
Arita Puspitorini
Biyan Yesi Wilujeng

Abstract

Menurut perolehan data dari hasil observasi dan wawancara di SMKN 6 Surabaya, diketahui bahwa
terdapat beberapa kendala pada kompetensi dasar rias karakter tiga dimensi. Kurangnya variasi model
pembelajaran membuat siswa kurang aktif dan merasa mudah bosan sehingga hasil belajar yang dicapai
menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran
PjBL sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah
mengetahui keterlaksanaan sintak PjBL, hasil belajar dan respons siswa pada pembelajaran yang
berbasis proyek. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berjenis “Pre Experimental” dengan
rancangan “One Group Pre-Test and Post-Tes Design” di mana terdapat 33 siswa kelas XII TKC 1
SMKN 6 Surabaya sebagai subyek penelitian. Menurut hasil dari penelitian, didapatkan hasil: (1)
Penerapan sintak PjBL memperoleh persentase 93,5% dengan kategori sangat baik, (2) Hasil belajar
siswa di uji dengan uji t dan memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan, (3) Respons siswa memperoleh persentase 96% sehingga
dapat dikategorikan sangat baik. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan jika kegiatan pembelajaran
PjBL telah terlaksanakan dengan sangat baik yang kemudian memicu terjadinya peningkatan hasil
belajar, dan respons yang sangat baik dari para siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Rias Karakter Tiga Dimensi

Article Details

Section
Articles