PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI DASAR TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI DI SMK NEGERI 3 KEDIRI

Authors

  • Inez Dwina Imansari
  • Arita Puspitorini
  • Nia Kusstianti
  • Nieke andina wijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p249-255

Abstract

Rendahnya nilai siswa disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru menggunakan metode ceramah dan
media pembelajaran yang digunakan berupa power point, buku, dan majalah sehingga siswa merasa bosan dan tidak
memperhatikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa sebesar 69% siswa belum memenuhi KKM
psikomotor tata rias wajah sehari-hari. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, peneliti menerapkan media pembelajaran
berupa media audiovisual dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui : (1) Validasi kelayakan media audiovisual, (2) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran pembelajaran
Problem Based Learning (PBL), (3) Hasil belajar psikomotor siswa setelah penerapan media audiovisual, (4) Respon siswa
terhadap penerapan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan
rancangan penelitian pretest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes hasil belajar
psikomotor. Analisis data menggunakan rumus rata-rata, uji-t, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil
validasi kelayakan media audiovisual baik dan layak untuk diterapkan dengan persentase penilaian sebesar 97%, (2)
Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlaksana dengan baik dengan hasil persentase
penilaian sebesar 94%, (3) Hasil belajar psikomotor siswa setelah diterapkannya media audiovisual meningkat secara
signifikan dengan persentase sebesar 16,75%, (4) Respon siswa sangat positif terhadap media audiovisual yang diterapkan
dengan persentase hasil penilaian sebesar 99%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media audiovisual
layak diterapkan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor, serta respon siswa terhadap
pembelajaran menggunakan media audiovisual sangat positif.
Kata Kunci : Media pembelajaran audiovisual, kompetensi dasar tata rias wajah sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Imansari, I. D., Puspitorini, A., Kusstianti, N., & wijaya, N. andina. (2023). PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI DASAR TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI DI SMK NEGERI 3 KEDIRI. Jurnal Tata Rias, 12(2), 249–255. https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p249-255
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 100

Most read articles by the same author(s)

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >>