PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL RIAS WAJAH FILM PADA DI SMKN 1 BUDURAN

Main Article Content

Katharina Tassya Ariratna Putri
Octaverina Kecvara Pritasari
Nieke andina wijaya
Dewi lutfiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media, dan respon siswa terhadap
media video tutorial tata rias film. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yang
berfokus pada pemberian gambaran secara mendetail tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakan
model Research and Development (R&D) pengembangan empat dimensi (4D). Metode pengumpulan data
dengan menyebarkan angket kepada 7 validator media.Hasil penelitian menunjukkan tahapan yang dilaksanakan
pada model pengembangan empat dimensi yaitu: pendefinisian (Define) dengan cara observasi dan wawancara,
menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan instrumen penelitian yang sudah divalidasi, perancangan
(Design) dengan cara merancang storyboard media video tutorial, pengembangan (Develop) dengan cara materi
dimodifikasi untuk membuatnya lebih efektif, penyebaran (Disseminate) dilakukan dengan membagikan video
tutorial kepada siswa dengan Google Drive. Berdasarkan hasil kelayakan kualitas media dinyatakan sangat layak
untuk media pembelajaran video tutorial rias wajah film, skor rata-rata adalah 4,86 serta bisa diaplikasikan pada
proses pembelajaran. Hasil respon media pembelajaran video tutorial rias wajah film yang dilakukan siswa, ratarata skor adalah 4,59 sehingga termasuk dalam kategori sangat layak serta bisa diaplikasikan untuk proses
pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media video tutorial rias wajah film sebagai media
pembelajaran untuk mengetahui respon siswa dan meningkatkan inovasi pembelajaran siswa kelas XI HD MUA
SMKN 1 Buduran dinyatakan sangat layak.
Kata Kunci: rias wajah film, video tutorial, media pembelajaran

Article Details

Section
Articles