PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PERAWATAN BODY SPA SECARA MANUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

Main Article Content

Amma Muliana
Dindy Sinta Megasari
Dewi Lutfiati
Nia Kusstianti

Abstract

Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang dipusatkan pada siswa melalui
pemberian masalah dari dunia nyata yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada
materi perawatan Body SPA secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui
keterlaksanaan sintaks (2) hasil belajar siswa secara kognitif dan psikomotorik (3) respon siswa terhadap
proses pembelajaran elemen dasar konsep SPA menggunakan model problem-based learning. Jenis
penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one shot case study. Subyek
penelitian adalah siswa Tata Kecantikan Kulit dan Rambut kelas X SMKN 1 Sooko Mojokerto yang
berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisa
data menggunakan perhitungan persentase dan uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
keterlaksanaan sintaks PBL pada aspek kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir terlaksana
dengan kriteria sangat baik dengan rata-rata kecapaian 93,4% (2) ketuntasan hasil belajar siswa melalui
post-test pada ranah kognitif secara keseluruhan mencapai 87% dengan kategori sangat baik. Sedangkan
Ketuntasan hasil belajar siswa melalui lembar kinerja keterampilan pada ranah psikomotorik secara
keseluruhan mencapai 100% dengan kategori sangat baik. (3) respon siswa terhadap pembelajaran
menggunakan model problem-based learning memperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 81,2%
dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
menunjukkan rata-rata hasil akhir yang tuntas setelah mendapat perlakuan dengan memberikan model
problem-based learning pada elemen dasar konsep SPA di SMKN 1 Sooko Mojokerto.
Kata Kunci: problem-based learning, hasil belajar, body SPA

Article Details

Section
Articles