FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMILlH JASA RIAS PENGANTIN DI KABUPATEN KARO

Main Article Content

Kirey Permata Crysti Br Singarimbun
Octaverina Kecvara Pritasari
Dindy Sinta Megasari
Dewi Lutfiati

Abstract

Jasa rias pengantin di Kabupaten Karo memiliki ciri khas dan kelebihan yang berbeda sehingga konsumen
memilih jasa rias pengantin yang sesuai dengan preferensinya. Faktor yang mempengaruhi minat bagi seorang
konsumen yaitu faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologis dan juga faktor sosial. Hal tersebut merupakan
proses awal menegnai rangsangan atau stimulus dari jasa atau produk yang dilihatnya sehingga tertarik untuk
membeli produk atau jasa yang di tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya,
faktor pribadi, faktor psikologi dan faktor sosial yang mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias
pengantin di Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif.
Instrument penelitian berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form yang ditunjukkan kepada 40
responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil pengolahan data
dapat disimpulkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih jasa rias
pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 87,5% pada sub variabel sub budaya. Faktor pribadi dengan
jawaban setuju sebesar 67,5% pada sub variabel gaya hidup. Faktor psikologis mempengaruhi minat konsumen
terhadap jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 67,5% pada sub variabel integritas, dan
faktor sosial berpengaruh terhadap minat konsumen dengan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 72,5%
pada sub variabel pengaruh lingkungan. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktor
tersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di kabupaten karo.
Kata Kunci: Faktor, Jasa Rias, Karo, Minat, Pengantin

Article Details

Section
Articles