PENERAPAN VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN KULIT WAJAH TIDAK BERMASALAH SECARA MANUAL

Main Article Content

Laily Dewi Nurwulandari
sri Dwiyanti
mutimmatul Faidah
Nia Kusstianti

Abstract

Pembelajaran di SMKN 1 Buduran pada kompetensi dasar perawatan kulit wajah tidak bermasalah secara manual
menerapkan pembelajaran teacher center yang monoton. Penggunaan video interaktif dimaksudkan untuk menciptakan
kelas yang lebih aktif dan merangsang siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) uji
kelayakan media; 2) hasil belajar siswa; 3) respon siswa terhadap video interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian
pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan uji kelayakan media
mendapatkan persentase pada format video 88,5 % dan isi video serta format bahasa mendapatkan 91% sehingga uji
kelayakan dikategorikan sangat layak. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest kognitif
72,78 meningkat menjadi 92 dan pada nilai rata-rata pretest psikomotorik 80 meningkat pada posttest menjadi 92 dengan
nilai sig= 0,01 yang berarti lebih kecil dari α 0,05. Berarti, terdapat peningkatan nilai pada setelah menerapkan
pembelajaran menggunakan video interaktif. Hasil belajar dikatakan tuntas dan termasuk kriteria sangat baik. Respon
siswa menunjukan persentase rata-rata 87% dan termasuk kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
video interaktif dalam pembelajaran dapat menghidupkan suasana kelas sehingga pembelajaran tidak monoton dan
membosankan serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Perawatan Kulit Wajah Tidak Bermasalah Secara
Manual

Article Details

Section
Articles