PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KOMPETENSI PENATAAN SANGGUL DAERAH UKEL TEKUK DI KELAS XI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.62977Abstract
Media pembelajaran audio visual merupakan perantara penyampaian informasi pembelajaran berupa media-media
yang memunculkan suara dan gambar, untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakuan
dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan media audio visual. 2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran
penataan sanggul daerah ukel tekuk dengan menggunakan media audio visual. 3) Respon mahasiswa dalam
pembelajaran penataan sanggul daerah ukel tekuk dengan menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket untuk mengukur jawaban siswa, ujian kognitif untuk mengukur hasil belajar siswa, dan
lembar observasi untuk mengukur kelayakan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dengan
persentase rata-rata 94% pada aspek materi, 93% pada aspek media, dan 95% pada aspek bahasa, media audio
visual pada kompetensi menata sanggul daerah ukel tekuk sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. 2)
Hasil belajar siswa pada kompetensi penataan sanggul daerah ukel tekuk dengan media audio visual diperoleh
nilai rata-rata pengetahuan sebesar 92 dengan persentase ketuntasan 100%. 3) Respon siswa dalam pembelajaran
penataan sanggul daerah ukel tekuk dengan media audio visual sangat positif dengan rata-rata persentase 94,4%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio, Visual, Ukel Tekuk
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

